12 Bunga Ini Punya Khasiat Obat


12 Bunga Ini Punya Khasiat Obat

Selain mempunyai ciri fisik yang indah, ternyata bunga – bunga ini mempunyai manfaat bagi kesehatan hlo. Mau tahu bunga apa saja? Ini dia 12 bunga yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

01.     Bunga matahari


Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Tumbuhan terna semusim yang berasal dari Amerika Tropik bagian utara (Meksiko), tinggi 3m sampai 5m tergantung varietasnya. Daun tunggal lebar. Batang biasanya ditumbuhi rambut kasar, tegak, jarang bercabang. Bunga tersusun majemuk. Buahnya bertipe buah kurung (achene). Bunga matahari menyukai tanah yang subur dan hangat. Tumbuhan ini menyukai suasana yang cerah.
Berikut ini manfaatnya :
-        Kelompok penghasil minyak, dimanfaatkan minyak bijinya. Biji kelompok ini memiliki cangkang biji yang tipis. Kandungan minyaknya berkisar 48% hingga 52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak diperlukan biji dari kira-kira 60 tandan bunga majemuk.
-        Kelompok pakan ternak, dipanen daunnya sebagai pakan atau pupuk hijau.
-        Kelompok tanaman hias, yang memiliki warna kelopak yang bervariasi dan memiliki banyak cabang berbunga,
-        Kelompok kuaci, untuk dipanen bijinya sebagai bahan pangan,
-        Bunga matahari juga bisa dimanfaatkan untuk meringankan sesak nafas. 

02.     Bunga tasbih / Kana

Bunga tasbih adalah tanaman yang tergolong tanaman luar dengan nama latin Canna lily. Tanaman ini biasanya tumbuh di hutan dan pegunungan walau tak jarang dijadikan tanaman hias di pekarangan dan taman kota, karena memiliki bunga yang mempesona. Tanaman ini memiliki rimpang tebal menyerupai ubi. Daunnya besar dan lebar, menyirip jelas. Warnanya hijau atau merah tengguli. Bunganya besar dengan warna-warna cerah, seperti merah, merah muda, dan kuning yang tersusun dalam bentuk tandan.  Daunnya mengandung tannin dan sulfur. 
Berikut ini manfaatnya :
-        sebagai penghasil tepung,
-        Rasa rimpang yang manis dan bersifat sejuk menjadikan umbinya sebagai penyejuk, pereda demam, peluruh kencing, penenang dan menurunkan tekanan darah,
-        menghilangkan keputihan.

03.     Hortensia / Kembang Bokor

Hortensia (Hydrangea) adalah nama genus dari 70-75 spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari Asia Timur dan Asia Selatan (Jepang, Tiongkok, Himalaya, Indonesia), Amerika Utara dan Amerika Selatan. Tanaman semak dengan tinggi 1 sampai 3 meter, tapi ada juga yang merambat di tanaman lain hingga mencapai ketinggian 30 meter. Daun berbentuk bulat telur, tepi beringgit, warna hijau muda berkilau. Hortensia merupakan tanaman hias yang populer, disukai orang karena bunganya yang besar. 
Berikut ini manfaatnya :
-        Daun dan akar tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Misalnya  Malaria, demam, gelisah, sakit tenggorok.

04.     Kembang sepatu

Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga terdiri dari 5 helai daun kelopak yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx) sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima. Bunga berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm. hingga 20 cm. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. 
Berikut ini manfaatnya :
-        Kembang sepatu banyak dijadikan tanaman hias karena bunganya yang cantik,
-        Bunga digunakan untuk menyemir sepatu di India,
-        Di Tiongkok, bunga yang berwarna merah digunakan sebagai bahan pewarna makanan,
-        Di Indonesia, daun dan bunga digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional,
-        Kembang sepatu yang dikeringkan juga diminum sebagai teh.

05.     Mawar

Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate). Pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Berikut ini manfaatnya :
-        Parfum (minyak wangi) dibuat dari minyak mawar yang merupakan salah satu jenis minyak atsiri yang diperoleh dari proses penyulingan dan penguapan lumatan daun-daun mahkota,
-        antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C,
-        Mawar juga dapat dimanfaatkan untuk teh, jelly, dan selai.

06.     Melati

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda. Di Italia, melati casablanca (Jasminum officinalle), yang disebut Spanish Jasmine ditanam tahun 1692 untuk dijadikan parfum. Tahun 1665 di Inggris dibudidayakan melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de Medici. Dalam tahun 1919 ditemukan melati J. parkeri di kawasan India Barat Laut yang kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923.
Berikut ini manfaatnya :
-        Bunga melati bermanfaat sebagai bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh, seperti teh melati yang populer di Indonesia,
-        Bunga dan daun-daun dari beberapa spesies melati digunakan untuk mengurangi atau menghentikan keluarnya susu ibu, dalam rupa bunga yang diremukkan atau tapal daun-daunan yang ditempelkan di atas buah dada,
-        Tapal daun-daun dari beberapa jenis melati dipakai untuk mengobati bisul dan sakit kulit,
-        Daun-daun ini juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati seriawan dan pembengkakan gusi,
-        Ekstrak akar beberapa jenis melati dimanfaatkan sebagai penurun demam,
-        ebusan akar melati atau rendaman bunganya dipakai untuk mengatasi radang peparu, bronkitis, dan juga asthma,
-        Akar yang ditumbuk dijadikan tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang,
-        Tingtur (ekstrak dalam alkohol) akar J. sambac memiliki khasiat kuat sebagai penenang (sedativa), anestetik, dan penyembuh luka.

07.     Orchidaceae / Bunga Anggrek

Suku anggrek-anggrekan atau Orchidaceae merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. Daun anggrek biasanya oval memanjang dengan tulang daun memanjang pula, khas daun monokotil. Daun dapat pula menebal dan berfungsi sebagai penyimpan air.
Berikut ini manfaatnya :
-        Anggrek digunakan sbg obat tuberkulosis & membantu mempercepat pemulihan & vesiculation paru
-        Obat untuk sakit maag & TBC usus
-        Untuk menghentikan pendarahan internal di dlm perut (tukak lambung)

08.     Bunga Kamboja

Bunga kamboja (Plumeria rubra L.cv. Acutifolia.) merupakan tanaman yang berasal dari daerah Amerika tropik dan Afrika. Sama seperti tanaman hias lainnya, misalkan bunga melati dan bunga kenanga, bunga pohon kamboja juga menyebarkan wangi yang khas. Selain bermanfaat sebagai tanaman hias, bunga kamboja juga sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit. 
Berikut ini manfaatnya :
-        Bunga kamboja dapat mengobati bisul, kencing nanah (Gonorrhea), bengkak, kutil, kapalan,
-        menghaluskan kulit dan frambusia,

09.     Sansevieria / Lidah Mertua

Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing. Tumbuhan ini berdaun tebal dan memiliki kandungan air sukulen, sehingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lembap atau basah, sansiviera bisa tumbuh subur.Berikut ini manfaatnya :
-        Sanseviera dapat menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas,
-        Serat Sanseviera dapat digunakan sebagai bahan pakaian,
-        Di Jepang, Sanseviera digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan,
-        Dapat menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

10.     Tembelekan

Saliara (Lantana camara) atau biasa disebut bunga Tembelekan adalah jenis tumbuhan berbunga dari familia Verbenaceae yang berasal dari wilayah tropis di Amerika Tengah dan Selatan . Tanaman ini tumbuh di daerah dengan ketinggian 1.700 m dpl dan memiliki banyak percabangan dengan tinggi antara 0,5-4 meter.Berikut ini manfaatnya :
-        Saliara dapat digunakan sebagai obat memar, keracunan makanan,
-        Dapat menhentikan pendarahan pada penderita penyakit kanker rahim.

11.     Rosela

Rosela,  rosella, asam paya, asam kumbang dan asam susur atau Hisbiscus sabdariffa, adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Mulanya bunga yang juga cantik untuk dijadikan penghias halaman rumah itu diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas. Berikut ini manfaatnya :
-        Dapat menurunkan asam urat, Hipertensi, Diabetes mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan Tubuh, menghambat sel kanker, mencegah sariawan dan panas dalam, menambah vitalitas, meredakan batuk, mencegah flu, antioksidan, antihipertensi, antikanker, antidepresi, antibiotik, aprodisiak, diuretik (peluruh kencing), sedatif, tonik, dan menurunkan absorpsi alkohol,
-        ekstrak kelopak rosela berkhasiat sebagai antibiotik, aprodisiak (meningkatkan gairah seksual), diuretik (melancarkan buang air kecil), pelarut, sedativ (penenang), dan tonik,

12.     Lavender

Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah sebuah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang memiliki 25-30 spesies. Asal tumbuhan ini adalah dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil. Tanaman ini juga menyebar di Kepulauan Canaria, Afrika Utara dan Timur, Eropa selatan (terutama Perancis selatan), Arabia, dan India. Karena telah ditanam dan dikembangkan di taman-taman di seluruh dunia, tumbuhan ini sering ditemukan tumbuh liar di daerah di luar daerah asalnya.Berikut ini manfaatnya :
-        Minyak lavender dapat digunakan untuk mencegah pingsan , palpitasi gugup , kejang dan kolik,
-        Dapat mengurangi rasa sakit rematik dan keseleo.






Sumber :wikipedia

Cholict Anam

No comments:

Post a Comment

Translate

Instagram