12 PRINSIP ANIMASI beserta contohnya



12 PRINSIP ANIMASI beserta contohnya

  12 PRINSIP ANIMASI.                                                                                                  
1.      1.  Squash and stretch / kelenturan, pencet dan meregang (memendek dan meregang bidang).
Misal = kaki memendek dan meregang pada saat berlari.

2.   Anticipation / gerakan pendahuluan.
Misal = orang yang akan mengambil benda, orang itu melihat benda kemudian tangan bergerak mengambil benda.

3.     Staging / pementasan/presentasi.
Misal = dari sebuah ide ceritera bagaimana supaya orang bisa memahami dengan jelas, apakah perlu dengan “long-shot” supaya semua gerakan terlihat, atau cukup dengan “close-up” saja.

4.   Straight ahead action (tindakan kedepan lurus) and pose to pose.
Misal = suatu gambar yang menunjukan gerakan dari awal sampai akhir (pose to pose) kemudian gambar inbetweennya dilanjutkan  asisten animator.

5.   Follow through (selesai) and overlapping action = suatu gerakan penutup sebelum benar-benar diam.
Misal = rambut, baju, ekor, telinga dsb akan tetap bergerak beberapa saat walaupun orang tsb berhenti.

6.       Slow in and slow Out/Ease in dan Ease Out = Percepatan dan Perlambatan.
Misal = pantulan bola ke atas semakin lambat, pantulan bola ke bawah semakin cepat.

7.       Arcs = Lengkungan.
Misal = lambaian tangan.

8.       Secondary action = gerakan lain yang mengikuti gerakan utama.
Misal = kuda lari berdebu, orang  sholat sarungnya diiringi gerakan sarung.

9.       Timing = saat yang tepat bagi gerakan.
Misal = orang memukul, mulut bicara dll.

10.   Exaggeration = berlebih-lebihan.
Misal = orang melotot sampai matanya keluar, mobil jalan reat-reot.

11.   Solid drawing = setiap gambar harus mudah dipahami.

12.   Appeal = daya tarik suatu karakter.






Cholict

No comments:

Post a Comment

Translate

Instagram